Mengenal Apa Saja Barang Yang Biasa Menjadi Seserahan Pernikahan

Biasanya lamaran dilakukan sebelum waktunya acara pernikahan. Dalam momen lamaran itu sendiri terdapat tradisi yang dinamakan seserahan, pihak pria nantinya akan memberikan barang-barang tertentu untuk pihak wanita atau hantaran pernikahan.

Setiap barang syarat makna juga, selain untuk mengungkapan cinta, seserahan juga bermakna kesanggupan pria agar memenuhi kebutuhan calon istri. Kali ini kita akan membahas beberapa jenis seserahan berikut dengan maknanya.

Peralatan ibadah

Memberikan peralatan ibadah berarti adalah wujud ketaatan dalam beragama. Ada berbagai peralatan ibadah mulai dari mukena, sajadah, tasbih, kitab Al-Qur’an dan sebagainya yang bisa diberikan.

Berbeda dengan umat Katolik yang umumnya seperti salib Kristus, rosario, Al Kitab, patung kudus, dan sebagainya. Apa pun itu agama calon mempelai, bisa dibilang peralatan ibadah ini adalah barang wajib untuk dibawa calon pengantin.

Pemberian peralatan ibadah dilakukan supaya pasangan yang telah menikah kelak selalu ingat kepada Tuhan.

Buah-buahan

Makanan seperti buah-buahan mempunyai makna begitu mendalam untuk dua calon mempelai. Umumnya buah-buahan untuk seserahan dilengkapi makanan-makanan tradisional.

Kalau buah-buahan memiliki makna agar calon mempelai bisa selalu bermanfaat untuk lingkungan sekitar, beda dengan makna makanan tradisional. Hal ini dikarenakan tiap daerah akan berbeda makanannya.

Busana

Memberikan busana ketika lamaran bisa diartikan agar setiap calon mempelai bisa menyimpan rahasia mereka dengan baik. Busananya yang diberikan tak harus berupa pakaian adat.

Busana seserahan bisa berupa pakaian yang formal misalnya baju kerja. Untuk pasangan muslim, maka biasanya seserahan busana dilengkapi hijab. Bukan hanya pakaian saja, ada yang menambahkan pakaian dalam juga karena tidak kalah penting. Pengemasannya dapat disatukan dengan busana lain.

Perhiasan

Dari pihak pria biasanya memberikan perhiasan untuk calon istri seperti cincin, gelang, kalung, atau anting. Pemberian perhiasan saat lamaran tersebut bermakna supaya mempelai wanita bisa bersinar dalam kehidupannya.

Pilihlah perhiasan dari emas, berlian dan sebagainya yang berkilau supaya makna tersebut bisa tersampaikan. Selain beberapa barang di atas, tentunya masih ada beragam lagi barang yang bisa dijadikan hantaran atau seserahan.