5 Tips memanggang udang agar empuk, lezat, dan nggak kering

Udang adalah salah satu seafood yang punya banyak penggemar. Berbagai menu olahan udang tersaji hampir di setiap tempat makan. Sebab, bahan makanan ini memang begitu nikmat, apalagi jika dimasak dengan berbagai bumbu. Nilai plus lainnya, udang termasuk bahan makanan yang awet.

Jika disimpan dengan tepat, udang bisa bertahan dalam waktu lama. Udang harus dilumuri dengan air jeruk nipis dan dicuci terlebih dahulu. Kemudian simpan di dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam freezer. Menyimpan dengan cara ini dapat membuat udang awet hingga 2 minggu, bahkan 1 bulan.

Udang juga ada banyak jenisnya. Ada udang jerbung, udang dogol, udang rebon, udang peci, udang pancet, udang vaname, udang kipas, lobster, dan lain-lain. Biasanya, udang dimasak menjadi berbagai kreasi seperti ditumis dengan bumbu mentega, saus tiram, saus Padang, juga digoreng, direbus, sampai dipanggang.

Udang panggang adalah salah satu yang banyak digemari. Tetapi, jika salah memasak, udang bisa alot atau bahkan kering. Berikut lima tips memanggang udang agar empuk, lezat, dan nggak kering:

1. Gunakan gula.

Saat dipanggang, udang cenderung dapat terasa sangat kering. Nah, gula dapat membantu menambah warna dan rasa pada udang. Sebab, gula dapat mencair dan menjadi karamel saat mengenai panas pada panggangan. Karamel ini akan membuat rasa udang lebih lezat, juga nggak kering saat dimakan.

2. Jangan kupas kulitnya.

Kulit udang bisa membantu dagingnya lebih empuk saat dimasak dengan cara dipanggang. Hal ini disebabkan oleh kulitnya yang berperan sebagai penahan suhu panas. Jadi dagingnya nggak akan overcooked dan menjadi keras.

3. Marinasi dengan soda kue.

Soda kue ternyata juga berperan penting untuk membuat udang panggang lebih empuk lho. Sebelum dipanggang, udang dapat dimarinasi dengan sedikit soda kue.

Cara ini membuat udang lebih gemuk atau tebal saat dipanggang, sehingga, teksturnya pun lebih empuk. Sebaliknya, udang yang dipanggang tanpa dimarinasi dengan soda kue hasilnya akan menyusut dan cenderung alot.

4. Tusuk dengan tusuk sate.

Saat menusuknya dengan tusuk sate sebelum dipanggang, usahakan jangan meletakkan udang berjarak satu sama lain. Udang yang ditusuk rapat-rapat bisa membantu menjaga kelembapan saat dipanggang. Cara ini juga bisa membuat tekstur udang tetap empuk.

5. Simpan di kulkas sebelum dipanggang.

Dilansir dari seriouseats.com, cara ini bisa membuat udang juicy setelah dipanggang nantinya. Setelah udang dimarinasi dengan soda kue dan ditusuk dengan tusuk sate, kamu dapat menyimpannya di kulkas selama satu jam. Lalu, lumuri dengan minyak sebelum udang dipanggang. Dijamin, setelah dipanggang, lezatnya udang bisa meledak di mulut.

Untuk mendapatkan udang dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan udang juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & daging kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.