• Jelajahi

    Copyright © Suara Rakyat
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bawaslu Selayar

    Bawaslu Selayar

    Iklan

    Hukum

    Pendaftaran Pengawas TPS Pemilihan 2024 Dibuka

    Kamis, 12 September 2024, 12.9.24 WIB Last Updated 2024-09-12T02:27:29Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
















    Humas wascam bontomanai- Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Bomtomanai, segera membuka pendaftaran 47 pengawas tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 di seluruh wilayah Kecamatan Bontomanai.

    "Pengawas TPS adalah penyelenggara Pemilu di jajaran Bawaslu yang dibentuk oleh panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan," kata Ketua Panwas Kecamatan Bontomamai Muh Asrul SE dalam keterangannya,Rabu (11/08/2024)

    Menurut dia, dibutuhkan sebanyak 47 pengawas TPS Se Kecamatan Bontomanai untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati 2024, dengan rincian 6 Pengawas TPS di Desa Parak, 4 Pengawas TPS di Desa Barugaia, 7 Pengawas TPS di Desa Polebunging, 6 Pengawas TPS di Desa Bonea Makmur, 6 Pengawas TPS di Desa Bonea Timur, 6 Tps di Desa Bontomarannu,4 Tps Desa Bontokoraang 4 Tps Desa Jambuia ,3 Tps desa Mare mare dan 2 TPS desa Kaburu atau sesuai dengan jumlah TPS reguler yang akan disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar Untuk kecamatan Bontomanai pada saat pemungutan suara 27 November 2024.

    Dia mengatakan, pengawas TPS bertugas membantu panwaslu kelurahan atau desa dalam mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada hari pencoblosan dengan masa tugas satu bulan terhitung sejak 23 hari sebelum pemungutan hingga tujuh hari setelah hari pemungutan.

    Tugas, wewenang dan kewajiban pengawas TPS adalah pencegahan dugaan pelanggaran pemilu atau pemilihan.

    "Melakukan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu, dan pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara.
    Kami mengajak seluruh masyarakat yang berminat menjadi bagian dari jajaran Panwascam Bontomanai yang berumur 21 tahun ke atas untuk bergabung dan mengikuti seleksi untuk menjadi pengawas TPS,formulir pendaftaran dapat di ambil langsung ke sekertariat Panwaslu Kecamatan Bontomanai di Jln Poros Benteng- Pamatata Desa Parak atau menghubungi langsung Pengawas Kelurahan desa,atau kontak verson yang kami cantumkan di pengumuman pendaftaran ujar Muh asrul.

    Pengawas TPS, lanjut dia, juga bertugas melakukan penerimaan laporan dan atau temuan dugaan pelanggaran pemilu maupun pemilihan.

    "Kemudian menyampaikan laporan dan atau temuan dugaan pelanggaran pemilu kepada panwaslu kecamatan melalui panwaslu kelurahan atau desa," katanya.

    Panwaslu Kecamatan Bontomanai mengajak masyarakat yang tertarik untuk mendaftar pengawas TPS untuk menyiapkan diri dan persyaratan yang sudah diinformasikan dan akan di umumkan ke seluruh desa desa dan juga bisa di pantau terus perkembangan informasi melalui media sosial Panwaslu Kecamatan Bontomanai.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini